Tips Cuci Tangan Untuk Si Kecil


Banyak anak  tidak mencuci tangan dengan benar atau bahkan tidak melakukannya sama sekali. Padahal kuman dapat menyebar dengan cepat pada anak-anak, yaitu memicu pandemi flu, pilek dan penyakit lainnya.
Mencuci tangan dengan cara yang tepat dapat membantu mencegah penyebaran bakteri,kuman dan penyakit.

Bantulah anak belajar untuk mencuci tangan dengan sesama dan mengajarkan cara yang benar dengan jelas.
Dilansir dari livestrong, berikut cara cuci tangan yang benar untuk anak :

·         Waktu Untuk  Cuci Tangan
Ajarkanlah anak untuk mencuci tangan setiap kali habis buang air kecil atau besar, menyentuh hewan, mengupil, batuk atau bersin, bermain pasir atau bermain kotor. Ajarkan pula anak untuk cuci tangan sebelum makan atau memegang makanan apapun. Jadikan kegiatan cuci tangan sebagai kegiatan yang rutin yang menyenangkan.


·         Pembasahan
Ingatkan anak untuk melepas cincin atau gelang sebelum mencuci tangan, sehingga seluruh bagian tangan dapat dicuci dengan baik. Ajarkan anak untuk membasahi tangan secara menyeluruh dengan air hangat sebelum menggunakan sabun.

·         Pencucian
Ajarkan anak untuk menambahkan beberapa tetes sabun tangan dan gosok sabun hingga berbusa. Gosok tangan dengan sabun setidaknya 20  detik . Untuk menandai waktu, anak bisa menyanyikan lagu yang memakan waktu sekitar 20 detik, seperti Twinkle-Twinkle, Little Star.

·         Pembilasan dengan Pengeringan
Beritahu anak untuk membilas tangan dengan air yang mengalir selama 10 detik untuk menghilangkan sabun. Setelah itu, keringkan dengan tangan dengan tisu atau handuk sekali pakai yang bersih dan kemudian gunakan handuk untuk mematikan kran.

No comments:

Post a Comment