Jamur Lebih Sehat Dibandingkan Dengan Daging


Seperti telah disebutkan pada sebuah artikel “ jamur bikin panjang umur”, bahwa jamur banyak memiliki kandungan gizi. Jamur Shiitake, misalnya dipercaya mampu menangkal penuaan dini. Namun tak hanya jamur shiitake yang banyak manfaatnya bagi kesehatan. Beberapa jamur  lain yang juga sarat manfaat seperti  Jamur Lingzhi.

Oleh suku Sherpa yang tinggal di pegunungan himalaya. Jamur yang satu ini sangat diandalkan. Khasiatnya pun sudah terbukti, mereka mampu bertahan hidup walau di medan terjal dengan perubahan musim yang ekstrem. Rahasianya  ada pada zat bermanfaat yang terdapat pada jamur lingzhi, yaitu vitamin B1 (thiamin), vitamin B2 (riboflavin). Vitamin C, Kaliun (K), fosfor (P), kalsium (Ca), natrium (Na), magnesium (Mg), tembaga (Cu), germanuim (Ge).


Jamur ini sangat bermanfaat untuk anak-anak karena kandungannya bisa menjadi tonikum bagi kerja otak, serta kelancaran sirkulasi oksigen. Selain itu juga jamur lingzhi bermanfaat untuk meningkatkan proses metabolisme, membersihkan darah, meningkatkan daya tahan tubuh. Selain digunakan sebagai bahan campuran dalam masakan, jamur ini juga mudah ditemui dalam bentuk minuman, yajni the lingzhi.

Jamur kuping
Jamur kuping (Auricularia airicula, atau wood ear mushroom) hanya dua jenis yang aman untuk dikonsumsi, yaitu :
\
1.       Jamur kuping hitam.
Bentuknya seperti daun telinga, karena dinamai jamur kuping, berwarna hitam keunguan, tumbuh pada kayu yang basah dan lembab. Banyak dibudidayakan di Asia Timur.

2.       Jamur kuping merah
Berukuran lebih besar dari pada jamur kuping hitam dan berwarna agak kemerahan, banyak dibudidayakan di Asia Tenggara, termasuk Indonesia.

Zat yang bermanfaat yang terkandung di dalamnya antara lain Vitamin B1, fosfor, besi, kalsium, hidrat arang.

No comments:

Post a Comment