Ramuan Wax Buatan Sendiri Ala Wanita India


Waxing merupakan salah satu mencabut rambut yang tak diinginkan pada tubuh. Metode ini banyak digunakan oleh para wanita India sejak ratusan tahun yang lalu. Mereka lebih suka mencabut rambut pada tubuh ketimbang mencukur, karena efeknya lebih lama (4-6 minggu). Selain itu, jika sering melakukan wax, lama kelamaan rambut pada bagian tubuh tersebut pun akan melemah dan tak akan memproduksi rambut lagi.

Saat ini Anda sudah bisa menemukan wax yang instan dan bisa dipersiapkan langsung sendiri. Di India, wax dipersiapkan sendiri dirumah karena tak banyk dijual di sana. Anda pun bisa membuatnya sendiri di rumah dengan resep dibagikan oleh Monisha Bharadwaj lewat bukunya, Indian Beauty Secrets; Pamper Your Body and Soul. Berikut adalah bahan-bahan yang anda perlukan untuk wax kedua belah kaki.


Bahan : 

>.4 sendok  makan teh gula pasir
>. 2 sendok makan perasan lemon
>. Siapkan beberapa potong kain yang sudah dipotong-potong berukuran sedang.

Gunakan sebisa mungkin stik kayu, seperti stik es cream saat akan mengaplikasikan tadi pada kulit. Pisau roti yang biasa digunakan di salon-salon justru menyimpan panas, dan akan sangat menyakitkan saat berkenaan dengan kulit. Untuk mulai mengoleskan ramuan wax, aplikasikan campuran tadi dibagian kecil kaki, tutup dengan kain yang berukuran sedang, tekan-tekan, lalu tarik cepat. Lakukan hingga semua rambut pada bagian kaki tersebut tercabut rapi. Siapkan ember untuk membasuh sisa gula pada kaki.

Jumlah perasan lemon tergantung faktor cuaca, kelembaban gula, dan tingkat panas, jadi siapkan perasan jeruk lemon agak banyak. Campurlah bahan-bahan tadi, panaskan dengan api sangat kecil, aduk-aduk. Ketika campuran sudah mulai berwarna kecoklatan dan sudah tercampur rata, angkat, namun tetap aduk hingga agak mengental. Anda mungkin akan perlu sesekali memanaskannya kembali untuk mengencerkannya  lagi. Jika campuran menjadi sangat kental. Tambahkan perasan jeruk lemon untuk  mengencerkan campuran.

Meski prosesnya akan terkesan merepotkan pada awalnya, tetapi jika dibandingkan dengan banyaknya uang yang harus Anda keluarkan saat berkunjung ke salon, teknik ini jauh lebih murah. Semakin Anda sering berlatih, akan semakin mudah dan membuat Anda makin mahir. Selamat mencoba.

No comments:

Post a Comment