Cat Rambut Picu Kanker Getah Bening

Jika beberapa tahun sebelumnya santer diberitakan cat rambut bisa memicu kanker, namun sampai sekarang masih belum bisa disebutkan alasan pasti di belakangnya dan berapa jelas prosentase mengecat rambut yang bisa menyebabkan kanker.

Tahun 2005 lalu para ilmuwan mempelajari efek perwarnaan rambut terhadap kesehatan. Riset yang dimulai pada tahun 1996 sampai saat ini menemukan 14 kasus kanker payudara, 10 kasus kanker kandung kemih dan 40 penyakit yang berhubungan dengan gangguan pembentukan sel darah seperti leukimia dan penyakit hodgkin (kanker getah bening), seperti yang dilansir softpedia.

Namun setelah melakukan penelitian terbaru, para ahli medis menyimpulkan bahwa pewarnaan rambut bukan hanya satu-satunya zat yang berisiko menyebabkan kanker, namun pewarna rambut secara pasti bisa meyebabkan gangguan pembentukan sel darah seperti multiple myeloma, leukimia dan non-hodgkin lymphoma.

Meskipun belum ada bukti pasti tentang hal tersebut, namun pewarna rambut buatan bisa menyebabkan gangguan pembentukan sel darah yang berhubungan dengan penyakit kanker. Bahkan dalam penggunaan dalam waktu lama, terutama untuk cat rambut warna gelap bisa meningkatkan resiko penyakit Hodgkin (kanker getah bening).


Penelitian menyebutkan warna rambut yang diproduksi di akhir tahun 80-an terbukti lebih berbahaya dibanding produk pewarna rambut yang dijumpai saat ini. Ilmuwan dari Catalan Institute of Oncology Studi melakukan penelitian pada enam negara di Eropa dan menganalisa terjadinya kenaikan resiko terjadinya menderita non-Hodgkin lymphoma sekitar 19% pada mereka yang hanya sekali-sekali mewarnai rambutnya, dan resiko kenaikan 26% pada mereka yang mewarnai rambutnya secara rutin, misalnya sekali dalam sebulan.

No comments:

Post a Comment